Label

Minggu, 18 November 2012

MANFAAT BELAJAR BAHASA MANDARIN


·        Bermanfaat meningkatkan IQ

Belajar bahasa mandarin, ternyata bermanfaat bagi pengembangan otak besar, hal ini sudah sejak lama terus-menerus dibuktikan oleh sejumlah penelitian ilmiah.

“Bulan Mei 1982, pakar psychology Dr. Cha De Lin (red.: Terjemahan harfiah dari bhs mandarin, tidak akurat) di majalah iptek <NATURE> yang tersohor di seluruh dunia, mempublikasikan sebuah artikel yang menggegerkan dunia. Cha De Lin melakukan penelitian terhadap IQ anak-anak dari lima negara yakni: Inggris, Amerika, Perancis, Jerman-barat dan Jepang, menemukan bahwa IQ keempat negara Amerika dan Eropa nilai rata-ratanya 100, sedangkan IQ rata-rata anak-anak Jepang ialah 111, sebabnya ialah anak-anak Jepang telah mempelajari huruf Kanji (aksara mandarin).”

·        Belajar Mandarin akan memperlancar komunikasi dalam bekerja

·        Belajar Mandarin sebagai investasi awal berbisnis di Cina

·        Dengan belajar Bahasa Mandarin akan menimbulkan kepercayaan dari pejabat dan pengusaha lokal Cina
Kunci utama dalam dunia usaha adalah kepercayaan dan kepercayaan itu akan tumbuh dengan lebih mudah dan cepat jika syarat kesamaan bahasa sudah dipenuhi. Tim Clissold, salah seorang pendiri kelompok pemodal swasta yang menanamkan investasi di China, dalam novel akademisnya yang berjudul Mr.China, menuturkan pentingnya penguasaan bahasa Mandarin bagi siapapun yang berminat berinvestasi di China sebagai modal dasar tumbuhnya kepercayaan dari pejabat dan pengusaha lokal (China).”
·       Belajar bahasa Mandarin akan menimbulkan ‘respect’ dari penduduk Negri Cina dalam hal investasi/bisnis

Lissold mencatat bahwa bahasa mandarin bagi orang China di seluruh penjuru dunia adalah pusat dari perasaan “kechinaan” sementara huruf-huruf China adalah pusat bahasa itu. Dengan demikian, China akan lebih respek dan menaruh kepercayaannya dengan seorang investor asing yang mampu menjalin komunikasi dengan bahasa Mandarin yang baik yang kemudian akan berlanjut dengan pembicaraan-pembicaraan yang lebih hangat sehingga jelas bahwa bahasa mandarin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari China.”

·       Belajar bahasa Mandarin sama saja kita mempelajari bahasa pengantar di dunia

Bahasa Mandarin sebagai bahasa mayoritas di China (putonghua yang merupakan dialek asal Beijing) di samping bahasa-bahasa daerah lainnya secara tidak langsung mengalami ‘kenaikan pamor’ sebagai bahasa pengantar internasional utama di samping bahasa Inggris.

·       Dengan belajar bahasa Mandarin kita dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang di seluruh dunia

Bahasa Mandarin juga digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia sehingga mempelajari bahasa ini akan memungkinkan kita berkomunikasi lancar dengan seperlima populasi dunia.

·       Dengan belajar bahasa Mandarin maka seseorang akan memiliki cap berintelektual tinggi

Dewasa ini bahasa Mandarin sangat populer dan gencar dipelajari oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Mempelajari Mandarin sangat berbeda dengan belajar bahasa Inggris karena bahasa Mandarin memiliki aksara-aksara tersendiri dan masing-masing aksara memiliki makna tunggal. Kalau dalam bahasa Inggris kita hanya perlu memadupadankan huruf-huruf kapital untuk membentuk suatu kata dalam bahasa Mandarin kita harus menghafal/merekam setiap goresan atau bentuk dari setiap kata. Jadi dengan kita mempelajari atau menguasai bahasa Mandarin kita telah mengetahui beratus-ratus atau beribu-ribu aksara atau hanzi, yang dalam hal ini memerlukan intelektual dan konsentrasi yang tinggi.
·       Kemampuan bahasa Mandarin dijadikan sebagai suatu persiapan demi meningkatkan kompetensi saat memasuki dunia kerja
Dalam dunia kerja kita pasti mengiginkan peningkatan, bisa dalam hal gaji atau jabatan. Namun dalam hal peningkatan selain bekerja dengan baik kita juga dituntut berkompetisi dalam hal ‘skill’. Belajar bahasa Mandarin merupakan suatu nilai tambah dalam dunia kerja karena seseoarang dengan kemampuan ber-bahasa Mandarin akan lebih berguna atau bisa dikatakan multifungsi sehingga ia akan lebih dominan ketimbang pegawai-pegawai lain dan kesempatan naik gaji atau jabatan pun akan lebih terbuka.
·       Belajar bahasa Mandarin bermanfaat bagi hubungan politik
“Tengok saja Perdana Menteri Australia yang baru, Kevin Rudd yang fasih berbahasa Mandarin. Dengan kemampuan linguistiknya ini, Kevin Rudd diharapkan dapat mempererat hubungan Australia dengan China. Dengan kata lain, bahasa Mandarin tidak saja penting bagi keperluan bisnis namun juga sangat penting bagi keperluan politik internasional.”
·       Belajar bahasa Mandarin dapat menambah semangat positif di dalam diri
Sebuah artikel dari Gong Pengcheng, rektor universitas Fo Guang – Taiwan, di dalam artikel itu dikisahkan tentang penelitian dari Wilhelm Freiherr Von Humboldt, seorang pakar bahasa Jerman, terdapat penjelasan yang lebih mendalam.
Humboldt beranggapan, tulisan bangsa Eropa, cukup disampaikan melalui mekanisme bahasa, tidak menghabiskan “semangat” apapun. Akan tetapi aksara mandarin tidak demikian, setiap bentuk tulisan, makna tulisan beserta penggabungannya dengan suara, membutuhkan memeras otak, dengan “Spirit langsung berhadapan dengan gagasan”, dengan langsung menggunakan pemikiran untuk membentuknya.” 
Maka dari itu, seluruh proses pembentukan aksara, praktis sama dengan sebuah aktivitas perenungan yang besar, spirit tercurahkan diantaranya.
Maka dari itu Humboldt menyebut aksara mandarin sebagai “Aksara yang berpikir”, ia mengatakan: ‘Di dalam beraneka bentuk aksara mandarin, sudah termasuk philosophische Arbeit/Efek filsafat di dalamnya.’ “
·       Dengan belajar bahasa Mandarin kita jadi ‘Tidak Ketinggalan Jaman’
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Negara Cina adalah Negara dengan penduduk terbesar di dunia, selain itu banyak juga negara-negara yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai pengantar seperti Hongkong, Taiwan dll. Jika diakumulasikan maka banyak sekali orang yang menguasai bahasa Mandarin, ditambah lagi dengan orang-orang yang berlomba-lomba menguasai bahasa Mandarin walaupun bukan warga negara Cina, Hongkong, Taiwan. Jumlah orang-orang yang bisa berbahasa Mandarin akan bertambah tiap tahunnya. Jadi apa mau dibilang ketinggalan jaman Cuma karena ga bisa bahasa Mandarin?
·       Dengan menguasai bahasa Mandarin akan membuka pintu penghasilan
Dari tulisan diatas sudah jelas apa maksud dari poin yang satu ini. Kalau kita menguasai bahasa Mandarin kita membuka les atau bimbingan belajar Mandarin, menjadi guru, atau membuat buku tentang pelajaran bahasa Mandarin.
·       Kesempatan diterima apabila kita melamar kerja di perusahaan bertaraf internasional lebih besar
Kemampuan untuk berbicara lancar bahasa Mandarin di samping bahasa asli Anda dapat bermanfaat jika Anda sedang mencari peluang kerja dengan perusahaan internasional. Kemampuan untuk berbicara bahasa yang digunakan oleh kebanyakan orang bisnis dapat menempatkan Anda selangkah lebih maju dari kompetisi. Sebenarnya bukan hanya perusahaan bertaraf internasional perusahaan biasa pun akan lebih senang menerima karyawan yang mempunyai kemampuan lebih.
·       Kesempatan bekerja di luar negri
Saat kita bekerja di perusahaan bertaraf internasional, bisa saja sewaktu-waktu kita ditransfer ke luar negeri karena pimpinan menganggap kita mampu dan cakap dalam mengurus pekerjaan serta faktor pertimbangan lain adalah kita mampu berkomunikasi dan bisa menggunakan banyak bahasa pengantar seperti bahasa Inggris atau Mandarin.   
·       Belajar bahasa mandarin bermanfaat melatih sel-sel syaraf

·       Penguasaan bahasa Mandarin akan menunjang perjalanan wisata
Kalau dapat kesempatan berwisata ke Cina. Perjalanan akan lebih menyenangkan dan mudah kalau kita dapat berbicara bahasa penduduk sana. Misalnya kita mau membeli oleh-oleh maka tidak perlu memanggil sang tour guide karena kita sudah dapat mengutarakan maksud kita sendiri. Atau misalkan kita tersesat di Cina maka tidak perlu panik, kita bisa bertanya jalan pulang pada orang lewat. Dan yang tidak kalah penting kalau sedang jalan-jalan tiba-tiba kebelet, kita bisa menanyakan di mana WC  terdekat. ‘kan tinggal pakai bahasa Inggris,” memang benar kalau berwisata kita tinggal menggunakan bahasa Inggris yang lebih umum, tetapi seperti peribahasa ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung’ maka kalau ke Cina gunakanlah bahasa Cina.

·       Kuliah di Universitas di Cina dapat menjadi pilihan
Bahasa Mandarin membuka pintu ke perkuliahan di universitas Cina. Meskipun kuliah internasional di universitas Cina memungkinkan Anda studi di Cina tanpa pengetahuan bahasa Mandarin, penguasaan bahasa Mandarin tentu saja menguntungkan jika Anda ingin studi di sana. Jika kuliah internasional tidak tersedia, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang memadai sebelum memulai kuliah. Oleh karena itu, penguasaan bahasa memberikan pilihan kuliah lebih luas.


·       Berteman dan beradaptasi dengan suasana dan penduduk Cina
Apabila kita menentukan pilihan untuk berkuliah di Cina tentunya kita akan asing karena suasana akan berbeda sekali dengan Indonesia. Mungkin di kampus kita akan mendapat mata kuliah dengan pengantar bahasa Inggris namun bagaimana dengan kehidupan sehari-hari? Dengan pergaulan kita? Dengan belajar bahasa Mandarin pindah ke Cina hanya akan seperti pindah rumah. Karena kita sudah tidak terlalu asing dengan bahasa Mandarin tersebut.
·       Kesempatan mendapat beasiswa lebih besar
Apabila kita mengajukan beasiswa untuk kuliah di Cina dan di dalam kualifikasi kita tuliskan kita dapat berbahasa Mandarin maka si pihak pemberi beasiswa akan lebih ‘melirik’ kita. Maksudnya kedudukan kita untuk mendapat beasiswa tersebut lebih kuat dari yang lain. Tentunya bukan hanya hal tersebut yang akan dilihat apabila mengajukan beasiswa. Hasil tes dan wawancara juga jadi pertimbangan. Tapi di benak si pemberi beasiswa, pengaju yang bisa berbahasa Mandarin akan ‘survive’ di sana. Maksudnya kalau tidak asing dengan bahasa disana kita tentu akan lebih kerasan dan semangat belajar juga lebih terpacu dan akan menghasilkan prestasi yang baik. Kalau belum bisa berbahasa Mandarin, penerima beasiswa akan kesulitan berkomunikasi dan juga tidak akan kerasan dengan kehidupan barunya. Bisa saja karena sangking tidak tahannya dia akan melepas beasiswa tersebut, sia-sialah dana yang telah dikeluarkan selama dia disana.
·       Mengikuti lomba-lomba
Dengan penguasaan bahasa Mandarin kita dapat mengikuti lomba-lomba berbahasa Mandarin baik pidato, baca puisi dll yang diselenggarakan. Biasanya lomba-lomba seperti itu, untuk pemenang akan disediakan sejumlah hadiah. Setidaknya kalau tidak dapat hadiah kita akan menerima sertifikat .  Kita juga akan memiliki nama baik kalau menjadi juara, kalau kita adalah perwakilan sekolah kita juga menaikkan nama baik sekolah.
·       Tidak perlu takut tidak mendapat kerja
Zaman sekarang perusahaan mencari orang yang multitalent, penguasaan bahasa Mandarin adalah salah satu talent tersebut. Kalaupun kita tidak diterima di suatu perusahaan tidak usah khawatir kita bisa saja memilih jadi seorang translater atau pramugari atau bisa saja jadi TKW ke Cina. Tetapi kembali lagi pada keninginan masing-masing orang, kalau ia tidak mau mencari kerja walau menguasai seluruh bahasa di duniapun tetap tidak akan mendapat kerja.
·       Motivasi anak
Sebelum kita bangga dengan anak kita, buatlah anak bangga dulu dengan orang tuanya. Kalau kita bilang pada anak: ‘Wah ayah bangga dengan kamu karena kamu pinter Bahasa Mandarin’. Akan lebih bagus kalau komentar anak kita begini: ‘Kan bapak (atau ibu) jagonya!’ Seringkali orang tua menjadi figur yang dikagumi anak, dengan demikain apabila kita bisa, selain bisa membantu belajar anak akan dapat menjadi motivasi besar bagi mereka.
·       Mempelajari keragaman budaya Cina
Kita menemukan keragaman dalam budaya dan orang-orang membuat dunia kecil yang disebut laut besar orang; orang-orang menyombongkan budaya mereka sendiri, tradisi dan bahasa. Mereka cara untuk mengekspresikan ide-ide yang berbeda dan begitu juga dialek mereka. Manfaat belajar bahasa kedua (dalam hal ini bahasa Mandarin) datang dalam gambar ketika datang untuk memahami dan mengalami keragaman ini. Belajar bahasa kedua adalah akuisisi bahasa lain selain bahasa asli seseorang. Ini adalah belajar untuk mengekspresikan diri dalam kata-kata dari komunitas-komunitas lain. Hal ini seperti mengekspresikan satu ide-ide dalam cara yang lain.
·       Belajar menggambar
Kata orang tulisan Mandarin adalah tulisan yang dihasilkan dari proses menggambar tentang hal yang ingin diungkapkan. Misalnya :
Ø  Huruf pintu dalam pinyin tertulis :  门【mén bentuknya sangat mirip pintu seperti aslinya
Ø  Huruf ini 川【chuānadalah huruf sungai. Bila dicermati ketiga garis tersebut terlihat seperti aliran sungai
Ø  Huruf ini adalah huruf gunung 山【shāngaris yang tertinggi di tengah adalah representasi dari gunung yang lancip di tengah.
Jadi bisa dibilang belajar tulisan Mandarin sama saja kita belajar menggambar atau menebak-nebak gambar.
·       Belajar bahasa Mandarin akan mempermudah mempelajari huruf kanji (漢字)
Huruf Kanji adalah huruf Jepang yang diimpor dari aksara Cina. Dinamai “Kanji” karena menyesuaikan dengan istilah Mandarin Hanzi. Hanzi adalah nama aksara tradisional Cina. Seiring berlalunya waktu, aksara ini diserap penggunaannya oleh Bahasa Jepang. Dalam pembelajaran huruf kanji terdapat tiga cara pembacaan salah satunya adalah On (On-yomi). On (On-yomi) adalah pengucapan Kanji yang menyesuaikan dengan bahasa Cina. Jadi kalau kita menguasai bahasa Mandarin mudah sekali mengenal huruf kanji.

·       Pelajaran yang berguna seumur hidup

Di dunia ini semua orang pasti akan menjadi tua. Dalam proses penuaannya manusia telah belajar banyak hal. Belajar berjalan, berbicara, menghitung, belajar pelajaran IPS, IPA, bahasa Inggris, Matematika, Seni Budaya dll. Kebanyakan dari pelajaran yang dipelajari di sekolah hanya bermanfaat untuk ditransformasikan menjadi nilai. Setelahnya? Kita akan lupa. Misalnya rumus phytagoras, atau apa itu piramida biomassa, definisi masyarakat dll. Semuanya akan cepat terlupa begitu ulangan selesai. Tetapi berbeda apabila belajar bahasa. Belajar bahasa sekali tidak akan lupa seumur hidup. Walaupun kita lupa rumus phytagoras kita masih bisa berbicara bahasa Inggris maupun Mandarin atau bahasa lainnya.


·       Belajar bahasa Mandarin berguna bagi kehidupan sehari-hari
Orang Indonesia biasa menggunakan bahasa Indonesia sehari-harinya jadi apa gunanya bahasa Mandarin? Banyak! Kalau bisa bahasa Mandarin kita dapat dengan mudah nonton film bahasa Mandarin tanpa teks, malah cerita dari film tersebut lebih dapat dipahami ketimbang harus baca teks.

·       Membaca petunjuk

Kalau sakit kita pasti makan obat. Kadang obat Cina lebih mujarab khasiatnya ketimbang antibiotic, tapi petunjuk yang ada di obat-obat Cina tulisannya menggunakan bahasa Cina semua. Jarang ada yang diartikan ke bahasa Inggris apalagi bahasa Indonesia. Kalau tidak mengetahui petunjuk pemakaian kita jadi bertanya-tanya apakah obat ini aman untuk dimakan anak-anak, berapa takarannya, dll. Kalau bisa membaca petunjuk tersebut pasti kita lebih tenang mengonsumsinya dan niscaya akan lebih cepat sembuh.

·       Belajar bahasa Mandarin mengurangi resiko penyakit pikun

Pikun adalah penyakit lupa yang sering dialami oleh orangtua. Pikun terjadi akibat otak terlalu lama didiamkan sehingga kinerjanya menurun. Kita tahu kalau orangtua pikirannya berbeda dengan anak kelas 3 SMK yang akan menghadapi UAN. Orangtua memikirkan hal-hal yang berkenaan dengan kehidupan sehari-hari, anak kelas 3 SMK memeras otak belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Matematika. Dari hasil penelitian apabila otak lebih sering digunakan untuk belajar seperti yang dilakukan anak kelas 3 SMK maka di saat tua nanti kita akan mengalami proses pikun yang lebih lama. Nah, belajar Mandarin seperti yang kita tahu tidak semalam langsung bisa tapi harus memeras otak menghafal hanzi-hanzi dan butuh konsentrasi tingkat tinggi. Dengan begitu otak akan bekerja maksimal dan kita telah mencegah proses pemikunan.

·       Memperluas pengetahuan

Belajar bahasa kedua membangun kreativitas pada anak-anak dan mengembangkan keterampilan keaksaraan. Anak-anak sekolah yang mempelajari bahasa kedua melakukan lebih baik daripada rekan-rekan bahasa mereka. Budaya dan bahasa ahli percaya manfaat belajar bahasa kedua. Mereka mengatakan bahwa anak-anak sekolah harus diajarkan bahasa kedua. Itu memperluas cakrawala mereka.

·       Mendapat nilai yang bagus

Kalau sedari dini sudah mempelajari bahasa Mandarin maka apabila si anak dimasukkan ke sekolah yang memiliki mata pelajaran bahasa Mandarin tentu ia akan mendapat nilai-nilai bagus pada tiap ulangan atau tugas-tugasnya.

·       Belajar bahasa Mandarin sebagai bekal di masa mendatang

Saat ini perkembangan Cina di sector industry sedang gencar-gencarnya, dapat diprediksikan beberapa tahun mendatang Cina akan berkembang lebih maju lagi dan saat hal itu terjadi akan semakin meningkat kebutuhan akan bahasa Cina. Jadi belajar bahasa Mandarin dari sekarang akan memberikan manfaat nantinya pada saat Cina berkembang menjadi raksasa perekonomian dunia.

·       Membantu turis asing
Dalam hal ini wisatawan dari negeri tirai bamboo. Kalau mereka berkunjung ke negara Indonesia ini kita dapat menunjukkan betapa ramahnya orang Indonesia kepada mereka dengan cara membantu mereka selama disini. Tapi mau bantu gimana bahasanya aja gak ngerti? Nah itulah manfaat belajar bahasa Mandarin.



·       Menambah teman dan mendapat jodoh

Saat ini teknologi makin canggih, berbagai jejaring social dapat menghubungkan semua orang di belahan bumi manapun.  Kalau menguasai bahasa Mandarin kesempatan berteman dengan orang asing akan lebih besar. Dan dari pertemanan itu lambat laun bisa timbul perasaan dan bisa saja berlanjut sampai ke jenjang pernikahan. Semuanya itu berkat bahasa Mandarin.

·       Meningkatkan citra Indonesia

Kalau orang-orang Indonesia mayoritas bisa berbahasa Mandarin maka image Indonesia di mata internasional bisa meningkat. Kita bukan lagi dicap sebagai negara teroris.

·       Belajar bahasa Mandarin belajar menolong

Seseorang yang bisa berbahasa Mandarin pasti akan dimintai bantuan berkenaan dengan bahasa Mandarin, ditanya tugas, arti suatu kata dll. Dengan menjawab permintaan-permintaan itu berarti kita telah membantu orang yang kesusahan dan membantu adalah perbuatan mulia walaupun sederhana.

·       Membuat orangtua bangga

Belajar bahasa Mandarin akan menambah kemampuan berbahasa. Apabila orang-orang telah tahu bahwa si anak bisa berbahasa Mandarin, anak itu akan dipuji. Dipuji akan membuat orangtuanya bangga karena beranggapan anaknya telah jadi orang pandai.



·       Belajar bahasa Mandarin dapat memuaskan diri

Belajar bahasa mandarin itu sulit, apabila kita telah mampu menguasainya walaupun hanya satu kalimat kita akan merasa senang dan puas sekali karena pembelajaran kita ternyata berbuah hasil. Tetapi janganlah cepat puas hanya dengan memahami sebuah kalimat, puaslah jika kita telah menguasai dua kalimat, setelah itu jangan berpuas diri lagi, puaslah jika telah memahami tiga kalimat dan seterusnya.

·       Dengan belajar bahasa Mandarin kita menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya

·       Belajar bahasa Mandarin dapat membantu memperdalam agama
Konghuchu yang telah ditetapkan sebagai agama resmi di Indonesia berasal dari Cina. Buku-buku dan ajaran-ajaran aslinya semua dalam tulisan Cina, walaupun ada yang diindonesiakan tetapi tidaklah terlalu lengkap . Penguasaan bahasa Mandarin membantu memperdalam dan menghayati ajaran-ajaran itu lebih baik.

·       Dengan menguasai bahasa Mandarin kita tidak memerlukan pinyin dalam pembacaan hanzi
·       Mandarin sebagai dasar
Seperti Indonesia Cina memiliki banyak bahasa daerah dan dialek-dialek kedaerahan, dalam mempelajarinya akan sangat membantu bila kita mempelajari bahasa Mandarin pada umumnya terlebih dahulu.

·       Mempelajari naskah-naskah kuno
Cina adalah bangsa dengan sejarah yang amat panjang dan terkenal kemahsyurannya sejak dulu. Banyak cerita dan peninggalan-peninggalan sejarah yang dimilikinya. Arkeolog dari seluruh dunia tertarik akan sejarah Cina yang begitu indah dan penuh misteri. Sejarah-sejarah itu tertuang dalam naskah-naskah kuno dan perkamen-perkamen yang menunggu untuk diungkap. Dengan belajar bahasa Mandarin para Arkeolog akan mengungkap rahasia kebesaran Cina di masa lampau yang mungkin akan bermanfaat di masa depan.

·       Belajar dan memahami bahasa Mandarin akan dapat diwariskan ke anak-cucu
Keturunan Tionghoa di Indonesia masih banyak yang menggunakan bahasa kedaerahan masing-masing dalam kehidupan sehari-hari misalnya seperti bahasa Hokkian. Seorang anak yang lahir dan tumbuh di dalam lingkungan yang komunikasinya menggunakan bahasa Hokkian itu, saat ia tumbuh dan belajar bahasa Indonesia ia juga akan belajar bahasa Hokkian. Jadi secara tidk langsung apa yang kita pelajari akan bermanfaat bagi anak kita.

·       Dengan mempelajari bahasa Mandarin kita jadi bagian dari dunia, kita bisa berkembang lebih jauh lagi, tidak hanya hidup di lingkup yang sama

·       Dengan belajar bahasa Mandarin kita akan ketagihan mempelajari lebih banyak bahasa lain

6 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya ^_^

    BalasHapus

  2. hai kunjungi blok ku ini ya.

    http://kursusprivatbahasamandarinsurabaya.blogspot.co.id/

    http://kursusprivatbahasamandarinsurabaya.blogspot.co.id/2015/10/daftar-harga-les-privat-bahasa-mandarin_23.html


    http://kursusprivatbahasamandarinsurabaya.blogspot.co.id/2015/10/mengapa-kita-perlu-belajar-mandarin.html

    http://kursusprivatbahasamandarinsurabaya.blogspot.co.id/2015/10/manfaat-belajar-bahasa-mandarin.html

    BalasHapus
  3. saya menerima les prifat bahasa mandarin di surabaya

    Anda berminat les privat bahasa mandarin hubungi

    XL : 087853300091

    PIN BB : 542D2541

    LINE : young_bastian

    INSTAGRAM : HUANGKUNYANG

    PIN BB : 2619E4DB

    BalasHapus
  4. Kursus Bahasa Jerman di Surabaya ada di Royal Plaza Lantai LG silahkan lihat profil saya untuk info lebih lanjut

    BalasHapus
  5. CV Bahagia sukses makmur adalah perusahaan yang menjual tenda sarnafil dengan berbagai macam ukuran.

    Tenda sarnafil atau tenda kerucut biasanya digunakan untuk tenda promosi
    Tersedia ukuran 3x3, 4x4, dan 5x5.
    Rangka aluminium.
    Tersedia berbagai macam bahan tergantung keinginan anda. Bisa custon logo / branding.
    Melayani pembelian di seluruh Indonesia, jabodetabek dan luar jabodetabek.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
    Telp/WA : 081316140397 rahma
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.


    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda #jualtendajakarta

    BalasHapus